Cara Membuat Landing Page di Facebook

cara membuat landing page di facebook

Tahukah anda cara membuat landing page di Facebook merupakan sebuah opsi ideal jika ingin meningkatkan penjualan. Landing page diFacebook dapat menjadi alat untuk membantu Anda mencapai tujuan dan sasaran bisnis Anda dengan mendesainnya agar unik, menarik, dan tepat sasaran.

Halaman di Facebook ini adalah halaman khusus yang sengaja dirancang untuk tujuan mengonversi pengunjung dari iklan bayar per klik di Facebook. Menarik sekali bukan? Yuk langsung kita Simak pembahasannya!

Cara membuat landing page di Facebook yang efektif

Jika Anda ingin membuat halaman landing page Facebook untuk meningkatkan konversi bisnis, ada cara efektif untuk melakukannya. Cara tersebut adalah dengan menggunakan Facebook Canvas. apa itu Facebook Canvas? Fitur ini adalah iklan interaktif yang ditawarkan Facebook di perangkat seluler. Kini, Facebook telah memperbarui fitur Canvas menjadi Instant Experience.

Cara membuat landing page Facebook yang efektif menggunakan Instant Experience terdiri dari beberapa langkah berikut ini:

  1. Masuk ke Pengelola Iklan Facebook

Mulailah dengan mengakses Pengelola Iklan Facebook. Pastikan bisnis Anda sudah memiliki halaman penggemar di Facebook. Jika Anda belum memiliki halaman penggemar, Anda perlu membuatnya. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:

  • Masuk ke akun Facebook Anda,
  • Pilih opsi ‘Akun’ lalu pilih ‘Halaman’.
  • Masukkan berbagai data bisnis seperti nama halaman, foto sampul, kategori bisnis, dll;
  • Jika Anda ingin menautkan halaman penggemar Anda ke Whatsapp, hubungkan ke nomor Whatsapp bisnis Anda.
  • Halaman penggemar sekarang sudah selesai dan dapat digunakan untuk membuat halaman arahan Facebook.
  1. Klik opsi ‘Buat’ dan tentukan tujuan iklan.

Untuk membuat iklan baru untuk bisnis Anda, klik opsi ‘Buat’ di halaman Manajer Iklan. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman tempat Anda dapat memilih tujuan iklan atau tujuan kampanye. Tujuan iklan harus disesuaikan dengan kebutuhan yang ingin dipenuhi oleh bisnis Anda.

Selain mengetahui tujuan Anda, penting juga untuk mengidentifikasi audiens target Anda. Menentukan tujuan dan target audiens Anda akan memudahkan Anda untuk membuat halaman arahan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan minat audiens Anda.

Pertanyaan yang dapat membantu Anda menentukan tujuan dari iklan Anda antara lain:

  • Siapa yang ingin Anda jangkau?
  • Apa yang Anda ingin pengunjung lakukan di halaman arahan Anda?
  • Konten seperti apa yang akan beresonansi dengan pengunjung?

Pertanyaan-pertanyaan ini dapat dijawab dalam bentuk persona pembeli. Ini berarti persona yang paling ideal dapat diturunkan.

  1. Siapkan set iklan Anda dengan tepat

Setelah Anda memutuskan tujuan iklan bisnis Anda di Facebook, lanjutkan dengan menyiapkan ‘set iklan’. Pada halaman ini, berbagai aspek perlu ditentukan. Misalnya, dari anggaran iklan hingga jadwal iklan.

  1. Tentukan format iklan yang sesuai

Format iklan dapat diatur di bagian Ads. Opsi yang bisa dipilih adalah Instant Experience. Ini adalah nama lain dari Facebook Canvas.

  1. Mulai membuat halaman arahan

Jika Anda telah mengatur opsi ‘Pengalaman Instan’, Anda dapat memilih opsi ‘Bangun Pengalaman Instan Kustom’. Jika Anda memilih opsi ini, halaman arahan Facebook akan segera dibuat. Halaman ini memiliki berbagai elemen yang dapat Anda pilih dan tambahkan ke dalamnya. Ini termasuk video, foto, teks, tombol, dan banyak elemen lainnya.

  1. Sesuaikan tata letak elemen

Setelah Anda memiliki elemen untuk halaman arahan Anda, Anda dapat menambahkannya dari opsi yang tersedia: atur dan letakkan elemen yang berbeda di halaman arahan Facebook Anda.

Unggah konten visual seperti gambar dan video ke halaman arahan. Kemudian lengkapi dengan teks yang menarik yang mencakup pesan tentang promosi bisnis Anda. Atur tata letak sehingga setiap elemen cocok dan selaras.

  1. Sertakan ajakan untuk bertindak

Proses pembuatan landing page kemudian dapat dilanjutkan dengan menyertakan CTA, pilihan CTA harus berdampak dan sejalan dengan frasa yang mendorong audiens untuk mengambil tindakan. Contoh CTA yang umum digunakan adalah ‘daftar’. Jika tujuan bisnis Anda dalam membuat landing page adalah untuk menarik sebanyak mungkin pendaftar, CTA ini sangat tepat.

Lain halnya jika Anda ingin meningkatkan penjualan. CTA seperti ‘Beli Sekarang’ akan lebih efektif untuk mengajak calon audiens Anda untuk segera membeli. Sebagai pengingat, perlu diperhatikan link atau tautan yang dimasukkan ke dalam CTA – tautan harus relevan sehingga audiens diarahkan ke halaman yang sesuai setelah mengklik tombol CTA.

  1. Tinjau dan simpan

Setelah Anda menyusun dan mengedit elemen-elemen halaman landas Anda, tinjau kembali menggunakan opsi ‘pratinjau seluler’ atau ‘pratinjau desktop’. Pratinjau berfungsi sebagai tahap untuk memastikan bahwa semuanya terlihat bagus dan bekerja secara optimal. Setelah Anda puas dengan semuanya, pilih opsi ‘Simpan’ untuk memastikan bahwa landing page telah tersimpan dengan baik.

  1. Gabungkan alat analitik dan pelacakan

Menggabungkan alat pelacakan dan analitik memudahkan untuk mengukur kinerja laman landas. Hal ini memang penting. Terutama jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda dan mendapatkan konversi yang lebih tinggi.

Facebook memiliki alat pelacakan bawaan yang disebut Metapixel. Dengan alat ini, Anda dapat dengan mudah melacak segala sesuatu mulai dari tingkat efektivitas iklan Facebook Anda hingga perilaku pengunjung di halaman arahan Anda.

Kesimpulan

Itulah Langkah-langkah dan tutorial yang telah kami paparkan dan jelaskan semoga Anda dapat memahaminya dengan sangat jelas. Anda juga dapat mengikuti step by step yang telah di jelas di atas, tentukanlah mulai dari sekarang!

Ada artikel yang cocok untuk dijadikan referensi untuk pembelajaran anda yaitu perbedaan landing page dan website, sebelum membuat landing page ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu perbedaannya, yuk pelajari.

Post Comment